nawa, nawa vice-roy, vice-roy

Senin, 20 Oktober 2014

Cara Mengatasi Cartridge Tidak Terdeteksi di PC/Netbook


"Apakah anda mengalami printer ip2770 (printer sejuta umat) masih kedip-kedip terus di tombol resume dan di layar monitor PC/Netbook ada notifikasi cartridge tidak terdeteksi?"

Berikut saya akan membahas tentang permasalahan di printer canon ip2770. Ketika kita membersihkan head cartridge atau me-refill tinta di dalam cartridge dengan sutikan tinta  dan setelah cartridge dipasang tiba-tiba  lampu indikator menyala berkedip orange berulang-ulang sedangankan di PC/Netbook Muncul keterangan/notifikasi cartridge tidak terpasang padahal sebelumnya normal-normal saja.


Permasalahan tersebut bisa disebabkan karena pemasangan cartridge agan, Sehingga antara chip cartridge dengan konektor renggang dan menyebabkan cartridge tidak terbaca oleh printer.



Berikut ada beberapa trik/tips agar cartridge dapat terbaca lagi:
 
  • Pasang kedua cartridge dan tutup penutup cartridge, goyangkan sedikit kekanan kemudian tutup penutup printer. bila indikator atau PC/Netbook masih menunjukkan cartridge belum terpasang lanjut kelangkah berikutnya.
  • Pasang salah satu cartridge secara bergantian (misal : cartridge warna di pasang dan cartridge hitam dilepas, tutup penutup cartridge dan juga penutup printer, bila di layar PC/Netbook ada notifikasi cartridge warna masuk dan cartridge hitam tidak, itu pertanda cartridge warna masih normal). lakukan juga sebaliknya. Jika semua normal goyangkan lagi penutup cartridge printer agan, andai masih belum bisa juga ikuti langkah selanjutnya.
  • Buat penyangga / ganjal pada belakang, samping atau atas cartridge (coba satu-satu dulu aja gan), ganjal bisa dibuat dari kertas atau double tape atau tisue atau apa saja karena pada dasarnya penyangga tersebut berfungsi untuk menekan cartridge agar chip cartridge dapat menyentuh konektornya saat ditutup. Kog masih sama saja gan? Coba ke langkah selanjutnya
  • Dalam posisi ON buka penutup printer, setelah terbuka pastikan cartridge terpasang dengan benar, kemudian tekan tombol penutup cartridg. Ketika cartridge mulai masuk ke tempatnya, pegang cartridge sampai cartridge itu sendiri tidak jalan dan ketika kembali ke kiri lepaskan cartridge tersebut, nanti akan muncul notifikasi di layar seperti gambar dibawah ini :

    Kemudian matikan printer dengan mencabut kabel power, setelah itu nyalakan kembali dengan memasang kabel power.
    Nah itu tadi beberapa trik yang biasa saya berikan mengenai printer iP2770. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat, jangan lupa tinggalkan komentarnya ya gan....
    Nawa Vice-Roy Admin

    Berkomentarlah dengan baik, bila ada komentar yang tidak sopan akan admin hapus. Terima kasih telah berkunjung.

    9 komentar:

    1. Terima kasih atas tipsnya gan.

      BalasHapus
    2. waaahhh cukup di goyang-goyang mantap bro,sudah tidak kedip2. trimssssss

      BalasHapus
    3. setelah di goyang-2 tidak kedip-2, trimssss.........

      BalasHapus
    4. Terima kasih banyak, sarannya sangat membantu saya...

      BalasHapus
    5. sangat membantu sekali tipsnyaaaa terima kasiiihhhhhh

      BalasHapus
    6. Tipsnya sangat berguna sekali di yang terakhir........
      Tahnks yaaaaa

      BalasHapus
    7. Tipsnya sangat berguna sekali di yang terakhir

      BalasHapus

    Nawa Vice-Roy