nawa, nawa vice-roy, vice-roy

Rabu, 03 Desember 2014

Cara Mengetahui Lisensi di Windows 7


Setiap menginstall windows baik windows xp, windows 7, windows 8 kita sebagai konsumen mau tidak mau harus menyetujui license yang diajukan oleh Microsoft agar bisa menggunakan OS ini pada komputer. License ini berupa syarat dan ketentuan yang harus dipatuhi jika menggunakan komputer atau notebook yang menggunakan operating system buatan Microsoft. Setiap komputer memiliki nomor unik tersendiri yang pasti berbeda dengan komputer lain. ID ini dipakai Microsoft untuk menentukan apakah Windows anda original atau tidak.


Sama seperti versi windows yang lain, Microsoft juga menyediakan ID yang berbeda untuk setiap komputer yang terinstall Windows 7. Jika agan ingin mengetahui license Windows 7 pada notebook atau komputer, buka command prompt dengan cara klik tombol StartMenu terus pilih Run dan ketik CMD kemudian Enter. ikuti perintah-perintah dibawah ini sesuai keperluan agan :

  1. Jika di CMD agan ketik perintah SLMGR /DLI kemudian tekan tombol Enter.
    Fungsi : Perintah ini akan memberikan informasi sederhana mengenai lisensi dari windows pada komputer atau notebook agan.
  2. Jika di CMD agan ketik perintah SLMGR /DLV kemudian tekan tombol Enter.
    Fungsi : Perintah ini akan memberitahu Windows untuk menampilkan detail lisensi Windows yang sedang anda gunakan.
  3. Jika di CMD agan ketik perintah SLMGR /XPR kemudian tekan tombol Enter.
    Fungsi : Perintah ini akan memberitahukan kapan lisensi Windows akan berakhir. Jika anda menggunakan versi trial, Windows akan memberi keterangan kapan lisensi Windows anda berakhir.

Perintah-perintah di atas memang jarang dipakai, terlebih lagi orang awam yang tidak begitu memperdulikan lisensi Windows pada komputer/notebook yang sedang dipakai. Tetapi cara ini bisa agan gunakan sebagai referensi jika Windows agan bermasalah sewaktu me-registrasi ke Microsoft atau ketika agan mengganti lisensi (agan bisa tau apakah sudah terganti atau belum. Ingat jangan sampai salah lisensi asli karna akan cres jika salah).

Sekian sedikit tutor dari ane, semoga ini dapat membantu permasalan agan, terima kasih telah berkunjung dan jangan lupa kunjungi lagi ya gan....
Nawa Vice-Roy Admin

Berkomentarlah dengan baik, bila ada komentar yang tidak sopan akan admin hapus. Terima kasih telah berkunjung.

2 komentar:

  1. Baru tau ane nih. Makasih infonya dan salam kenal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama sob, terima kasih atas kunjungannya.

      jangan lupa mampir lagi ya di ni blog.

      Hapus

Nawa Vice-Roy